Senin, 15 Februari 2021

Lakukan Hal Ini Jika Mobil Tidak Bisa Distarter


Mobil tidak bisa distarter jelas menjadi masalah yang serius. Untunglah tidak ada mobil dengan kondisi seperti ini di situs jual mobil bekas murah yang terpercaya, seperti mocil. Jadi jika Anda berencana untuk membeli mobil bekas tidak perlu khawatir dengan masalah ini.

Namun, bagaimana jika yang mengalami masalah ini justru mobil yang saat ini sedang Anda gunakan? Pastinya menyebalkan sekali, kan?

Sebelum membahas lebih jauh, Anda harus memahami akar penyebab mobil tidak bisa distarter. Di antaranya yaitu aki mulai lemah, dinamo tidak berfungsi dengan baik, kabel busi sudah rusak,  injektor kotor dan kompresi silinder rusak. 

Lalu apa saja yang harus dilakukan agar mobil nyala kembali? 

1. Mengecek Kondisi Aki 

Aki merupakan komponen penting dalam sistem kelistrikan. Apabila tidak berfungsi dengan baik maka mobil tidak akan bisa distarter. Anda harus memeriksa kondisinya terlebih dahulu. 

Apakah air di dalamnya masih dalam batas aman, atau justru sudah menipis? Selain itu periksa juga tegangan listrik, barangkali korslet atau putus. Periksa juga usia aki yang Anda gunakan terutama untuk aki kering. Jika memang sudah lama, bisa jadi masalahnya karena aki memang sudah terlalu tua sehingga kualitasnya berkurang.

2. Memeriksa Kondisi Fuel Pump 

Apabila ternyata tidak ada masalah pada aki, maka selanjutnya Anda harus beralih ke fuel pump yang ada di layar Multi Information Display pada dashboard. Lihat Indikator check engine speedometer yang tertera. 

Mobil tidak akan bisa distarter jika komponen tersebut kotor, sehingga Anda harus membersihkannya secara detail. Mintalah bantuan montir untuk mengatasinya. 

3. Mengontrol Keadaan Karburator 

Karburator posisinya sama dengan aki yang berfungsi sebagai sirkulasi udara dan bahan bakar ke dalam mesin mobil. Apabila kondisinya kotor, maka akan menyumbat proses starting sehingga mobil tidak bisa menyala. 

Kalau sudah seperti ini, mau tidak mau Anda harus membersihkannya, karena pada dasarnya semua komponen mobil saling berkaitan, jika satu kotor akan mempengaruhi kinerja yang lain. 

4. Memeriksa Kondisi Sekring 

Cara selanjutnya Anda bisa memeriksa kondisi sekring yang pada umumnya terbagi menjadi dua yaitu kutub positif dan negatif. Anda bisa melakukannya setelah mengecek karburator dan aki. Pastikan kedua kabel baik positif atau negatif tidak putus dan tegang.

5. Mengecek Dinamo Starter

Jika mobil tidak bisa menyala, kemungkinan ada masalah di dinamo startnya yang berfungsi sebagai penggerak roda pada dapur pacu sehingga mesin bisa beroperasi dengan normal. Jadi Anda harus memeriksanya apakah ada masalah yang menjadi penyebab mobil tidak bisa menyala ketika distarter. 

Jika tidak ingin masalah tersebut terjadi, maka Anda harus merawat mobil kesayangan secara rutin setiap bulannya. Walaupun secara sekilas masih normal, tetap harus dicek. Anda tidak akan tahu kapan mobil bermasalah, bisa saja saat genting. Pasti tidak ingin hal ini terjadi kan? 

0 komentar:

Posting Komentar