Rabu, 06 Januari 2021

Wajib Lakukan Ini Agar Ban Mobil Lebih Awet


Tidak ada salahnya memang membeli mobil bekas dengan alasan harga mobil bekas lebih miring dibandingkan yang baru. Namun, perlu diingat juga bahwa perawatan komponen-komponen mobil yang perlu dilakukan akan sedikit lebih ekstra. Salah satu komponen mobil yang dimaksud adalah ban. Penyebabnya adalah ban merupakan penentu layak atau tidak layak sebuah mobil boleh beroperasi. Selain itu, ban juga memiliki peran atas stabilitas laju kendaraan sekaligus faktor utama keselamatan berkendara. Untuk itu, lakukan hal-hal berikut ini bila Anda ingin ban mobil Anda memiliki usia pakai yang panjang.

1. Periksa tekanan angin pada ban mobil

Mengisi tekanan angin ban sesuai dengan yang dianjurkan dan kebutuhan tidak hanya berdampak pada usia pakai ban, tetapi juga keselamatan berkendara. Tekanan angin yang terlalu tinggi berpotensi menyebabkan mobil mengalami selip, sementara tekanan terlalu rendah dapat menyebabkan pecah ban. Itulah sebabnya, cek buku manual mobil dan pastikan tekanan angin ban sudah sesuai.

2. Merotasi ban mobil

Hal lain yang kerap dilupakan oleh orang-orang yang memiliki mobil adalah merotasi ban. Padahal, aktivitas merotasi ban mobil ini dilakukan untuk memperpanjang umur pemakaian ban. Sebagaimana diketahui bersama, ban bagian depan umumnya memiliki gesekan lebih banyak, sehingga ban bagian ini akan lebih cepat botak. Maka dari itu, merotasi ban depan dengan ban belakang setiap 7.500 hingga 10.000 kilometer perlu Anda lakukan sebelum ban menjadi botak.

3. Spooring dan balancing

Spooring merupakan pengaturan untuk mengembalikan posisi atau arah ban agar kembali lurus seperti setting awal pabrik. Sementara balancing adalah penambahan timah kecil pada area ban untuk membuat bebannya menjadi seimbang. Penentuan penambahan timah ini akan didasarkan pada hasil analisa dengan menggunakaan alat khusus. Tidak hanya bermanfaat untuk menjaga keawetan ban, melakukan spooring dan balancing juga bisa berpengaruh paada kenyamanan berkendara.

4. Memerhatikan ukuran ban

Keselarasan ukuran ban perlu mengikuti bentuk badan dan beban mobil. Jangan sampai Anda memakai ban yang terlalu kecil dari ukuran serta beban yang dapat diangkut oleh mobil. Sebab dengan melakukan ini, Anda sama saja memperpendek usia ban mobil Anda. Untuk itu, perhatikanlah ukuran ban ketika akan diganti. 

5. Melakukan pengecekan visual secara rutin

Pengecekan visual juga merupakan hal lain yang perlu dilakukan secara teratur. Caranya adalah dengan memastikan tidak adanya benjolan atau kerusakan pada dinding ban secara menyeluruh. Kemungkinan buruk dari beberapa masalah ini adalah ban mobil yang meledak. Untuk itu, jangan lewatkan melakukan satu hal ini, ya. 

Demikianlah sederet perawatan yang perlu dilakukan demi memiliki ban mobil yang tahan lama dan juga aman serta nyaman untuk berkendara. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar