Selasa, 16 Juni 2020

Walau Sehat, Keringat yang Tidak Cepat Dibersihkan Bisa Berdampak Ini


Ketika berolahraga, tubuh bakal memproduksi banyak keringat. Munculnya keringat ini sesungguhnya tidak berbahaya terutama jika setelahnya kamu langsung mandi dan berganti baju.

Sejatinya, keringat merupakan cara alami untuk mendinginkan temperatur tubuh. Berkeringat juga merupakan cara alami bagi tubuh untuk melembapkan serta menagtasi kulit kering.

Manfaat ini bisa terjadi karena keringat mengandung mineral, garam, serta urea. Berkeringat juga menghilangkan bakteri, minyak, serta masalah lain dari kulit dan mengeluarkan racun dari tubuh.

"Keringat mengandung alternatif alami antibiotik bernama peptida antimikrobial. Peptida antimikrobial khusus pada keringat yang bernama dermcidin, dipompa ke kulit melalui kelenjar keringat dan menutupi kulit. Hal ini memberikan perlindungan terhadap infeksi dari mikroba lain dan bakteri berbahaya," terang dr. Whitney Bowe, pakar kesehatan kulit dari New York, dilansir dari Medical Daily.

Dampak Tidak Segera Membersihkan Keringat

Walau keringat memiliki manfaat bagi tubuh, namun Bowe juga mengingatkan bahwa keringat bisa menyebabkan iritasi kulit jika tidak segera dibersihkan usai berolahraga.

"Secara spesifik, amonia dan urea di keringat bisa menyebabkan iritasi dan peradangan jika dibiarkan di kulit terlalu lama. Sodium pada keringat bisa menyebabkan kulit dehidrasi jika tidak cepat dibersihkan, menguatnya keringat dari kulit bisa sangat berdampak pada seseorang yang rentan mengalami ruam," terang Bowe.

Pakar menyarankan untuk segera berganti pakaian yang penuh keringat demi menghindari infeksi jamur yang bisa muncul.

"Masalahnya adalah kelembapan. Keringat dan bakteri bisa terjebak di dalam kain dan selanjutnya menyebabkan iritasi pada kulit," terang Whitney High, pakar dermatopatologi dari UCHealth University of Colorado Hospital.

Terdapat masalah karena menumpuknya keringat pada bagian-bagian lipatan kulit. Hal ini dikenal dengan nama intertrigo. Udara panas juga bisa menyebabkan ruam pada bagian tubuh tertentu karena lipatan ini membuat keringat tak dapat menguap dan terperangkap.

Cara Melindungi Kulit dari Keringat

Bagi seseorang yang memiliki kulit sensitif, sangat disarankan untuk segera mandi setelah berolahraga. Selain itu segera berganti pakaian.

Untuk lebih amannya, disarankan untuk menggunakan sabun antibakteri dan shampo untuk menghilangkan keringat dari kulit.

"Sampo dengan kandungan aktif pyrithione zinc sangat efektif dalam mengontol tumbuhnya vector dan jamur pada kulit. Sampo ini juga sekaligus bisa digunakan sebagai sabun mandi," terang Heather Goff, associate professor bidang kesehatan kulit dari UT Southwestern Medical Center.

0 komentar:

Posting Komentar