Jumat, 24 Mei 2019

Cara Mengobati Batuk pada Bayi dengan Buah-buahan


Buah-buahan menjadi salah satu makanan pendamping ASI yang mampu memberikan berbagai asupan nutrisi untuk kebutuhan tumbuh kembangnya. Ternyata, ada juga beberapa buah yang berperan sebagai cara mengobati batuk pada bayi. Selain sehat, batuk pada anak pun akan mereda dan berikut daftar buahnya. 

1. Nanas
Buah yang dikenal karena rasa masam dan segar ini merupakan sumber penghasil bromelain terbaik. Bromelain inilah yang berkhasiat dalam mengatasi peredangan dan pembengkakan pada bayi. Bahkan, banyak dokter merekomendasikan nanas pada pasien setelah menjalani operasi sinus karena memang khasianya yang luar biasa.

Anda bisa membuat jus nanas dengan menambahkan madu agar tidak begitu masam karena kebanyakan anak kecil atau bayi kurang menyukai makanan yang masam seperti itu. Berikan jus nanas ini sebagai makanan pendamping selain ASI agar proses penyembuhan batuk bisa lebih cepat. 

2. Jeruk, Stroberi dan Tomat
Ketiga buah ini merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin inilah yang dapat membantu mencegah penyakit batuk dan pilek. Sebenarnya, sudah banyak suplemen vitamin C yang beredar di pasaran, namun akan lebih baik jika Anda memberikan buah-buahan atau sayuran karena lebih aman dan bergizi untuk bayi.

Selain digunakan dalam cara mengobati batuk pada bayi, buah-buahan ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang berbagai penyakit. Anda bisa menggunakan salah satu buah atau mencampurkan beberapa buah agar rasanya lebih enak dan sesuai dengan selera bayi Anda.

3. Kiwi
Buah Kiwi menjadi salah satu buah yang mengandung vitamin C cukup tinggi sehingga bisa digunakan untuk meredakan batuk membandel. Selain itu, vitamin C juga dapat mendorong sisitem imun secara alami dalam tubuh sehingga tidak mudah terserang berbagai macam penyakit karena mampu melindungi kesehatan bayi.

Kandungan actinidain dalam buah kiwi dapat menghilangkan mual selama batuk dan juga meredakannya, sedangkan vitamin C berfungsi untuk memerangi semua virus dan bakteri penyebab batuk. Itulah mengapa Anda bisa menggunakan buah kiwi sebagai obat pereda batuk dan juga memberikan nutrisi lengkap pada bayi.

4. Pisang
Pisang merupakan salah satu buah yang sering digunakan sebagai makanan pendamping bayi karena cocok dengan sistem pencernaan bayi yang belum bisa berfungsi secara sempurna. Kandungan vitamin B6 yang ada di dalamnya mampu membantu menyembuhkan flu dan batuk pada bayi. 

Sebelum memberikannya pada bayi, Anda harus melumatkan pisang terlebih dahulu dengan garpu atau sendok kayu kemudian tambahkan air mendidih agar lebih lumat dan halus. Tunggu sekitar 30 menit hingga sedikit hangat. Anda juga bisa menambahkan madu agar rasanya lebih enak dan disukai bayi Anda.

Demikian beberapa buah yang bisa Anda gunakan sebagai cara mengobati batuk pada bayi. Bukan haanya mampu meredakan batuk, nutrisi yang terkandung dalam buah-buahan tersebut mampu memenuhi kebutuhan gizi buah hati. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi Orami Magazine di orami.co.id.

0 komentar:

Posting Komentar