Kamis, 21 Maret 2019

Mengintip Pentingnya Zat Besi untuk Wanita Hamil


Wanita dalam kondisi hamil, biasanya akan lebih banyak membutuhkan berbagai nutrisi dalam tubuh mereka. Hal ini sangatlah wajar, karena tubuh mereka pun juga memberikan asupan gizi bagi janin yang dikandung dalam tubuh. Tidak hanya nutrisi, zat besi yang dibutuhkan pun juga akan lebih banyak diperlukan oleh tubuh wanita hamil. Zat besi sendiri merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Sel darah merah dalam tubuh sendiri memiliki fungsi sebagai saluran distribusi oksigen yang dibutuhkan oleh seluruh tubuh. Jika dalam kondisi hamil seorang wanita kekurangan zat besi, maka akan secara otomatis tubuh mereka mudah merasa lelah karena memang oksigen dalam tubuh tidak terdistribusikan dengan baik.

Tahukah Anda? Menurut beberapa catatan dalam dunia kesehatan, hampir setengah dari angka kehamilan, wanita mengalami permasalahan kekurangan zat besi. Hal inilah yang agaknya patut diwaspadai, dimana kekurangan zat besi pada wanita hamil dapat menyebabkan terjadinya anemia. Mengapa demikian? Anemia terjadi karena tubuh yang kekurangan zat besi biasanya akan mengambil cadangan zat besi yang tersisa untuk membentuk sel darah merah. Jika zat besi yang ada tidak memenuhi untuk pembentukan sel darah merah, maka intensitas produksi sel darah merah pun akan menurun dan menyebabkan anemia.

Pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia inilah yang harus diperhatikan dengan baik oleh para wanita hamil ataupun pasangannya. Dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung banyak zat besi, maka kehamilan yang sehat dan jauh dari anemia pun dapat terjaga. Berikut ini beberapa jenis makanan yang mengandung banyak zat besi, yang mungkin dapat Anda sediakan didalam rumah Anda, antara lain adalah:

  • Sayuran bayam, kangkung dan aneka sayuran hijau.
  • Aneka makanan biji-bijian terutama kedelai.
  • Berbagai jenis ikan laut.
Selain jenis makanan tersebut Anda pun dapat mengkonsumsi supplement yang mengandung banyak zat besi, namun dengan catatan bahwa hal tersebut telah Anda konsultasikan dengan dokter kandungan yang menangani Anda. Perhatikan dengan seksama pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare serta penuhilah kebutuhan zat tersebut agar nantinya tumbuh kembang janin dapat terjaga dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar