Selasa, 26 Februari 2019

Tips Merawat Peralatan Makan Bayi Agar Tetap Steril


Memiliki buah hati merupakan anugerah tersendiri bagi mereka yang sudah berkeluarga. Memberikan yang terbaik untuk si kecil merupakan kewajiban para orang tua. Terutama dalam menjaga kebersihan si kecil. Hal ini mengingat di usia yang masih sangat dini, bayi sangat rentan terkena penyakit dari berbagai kuman dan bakteri di sekitarnya. Sehingga sebagai orang tua, Anda harus senantiasa menjaga kebersihan tubuh si kecil, rumah, peralatan makan si kecil, dan pakaiannya.

Menjaga kebersihan peralatan makanan si kecil menjadi tugas orang tua dalam merawat si kecil. Peralatan makan harus dalam kondisi bersih dan steril sebelum digunakan oleh si kecil untuk makan dan minum. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh si kecil masih sangat rendah. Sedikit saja kuman atau bakteri yang menempel pada peralatan makan dan digunakan oleh si kecil, akan beresiko menjadi sarang kuman dan bakteri yang mengancam kesehatan si kecil. Sehingga harus diperhatikan dengan benar-benar untuk masalah ini.

Nah, untuk mencuci peralatan makan si kecil, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, seperti:

1. Membersihkan botol bayi dengan sikat khusus. Agar botol bersih maksimal, dalam membersihkannya harus secara menyeluruh. Untuk menjangkau bagian-bagian yang sulit, Anda bisa menggunakan sikat khusus.

2. Menggunakan sabun yang dikhususkan untuk merawat peralatan makan bayi. Untuk membersihkan botol susu bayi, Anda bisa menggunakan sabun cuci pembersih botol yang dikhususkan untuk hal ini. Seperti dari produk Sleek Baby misalnya, yang memiliki produk Bottle, Nipple, & Accessories Cleanser yang merupakan produk pembersih botol dan aksesoris bayi dengan formula Food Grade yang aman untuk bayi. 

3. Pastikan tangan dalam kondisi bersih sebelum memegang peralatan makan bayi. Mengingat sistem kekebalan tubuh si kecil yang masih lemah, Anda juga harus memperlakukannya dengan perlakukan khusus. Seperti untuk pakaian bayi yang harus menggunakan detergen untuk baju bayi, Anda harus memastikan tangan dalam kondisi bersih dan steril sebelum menyentuh peralatan makan bayi.

4. Bilas dengan air matang sebelum menggunakan peralatan makan bayi. Hal ini agar kuman atau bakteri yang menempel bisa terbilas bersama air. Gunakan air matang, bukan air dari kran.

0 komentar:

Posting Komentar