Jumat, 22 Juni 2018

3 Cara untuk Mengasah Kecerdasan Anak Sejak Dini


Parenting sekarang ini telah menjadi perhatian banyak orang tua untuk bisa didapatkan ilmu terbaiknya. Salah satu yang paling diinginkan orang tua adalah untuk mampu memiliki anak yang cerdas. Hal tersebut tentunya hanya bisa dicapai apabila kecerdasan tersebut diasah sejak dini. Bagi Anda yang tertarik untuk melakukannya maka ada 3 cara terbaik untuk melakukannya.

1. Memuji Anak dengan Cara Benar


Cara pertama untuk bisa mengasah kecerdasan anak sejak kecil adalah dengan memuji mereka dengan benar. Asal tahu saja, selama ini banyak orang tua yang enggan untuk memberikan pujian pada anaknya dengan berbagai alasan. Namun yang paling utama adalah alasan bahwa pujian akan membuat mental anak menjadi lemah dan manja.

Padahal asalkan pujian tersebut tepat sasaran malah akan membantu mengasah kecerdasan mereka. Contoh pujian yang benar adalah dengan fokus terhadap usaha yang mereka lakukan bukan terhadap hasilnya. Dengan melakukan hal ini maka anak akan lebih menghargai setiap jerih payahnya bahkan yang gagal sekalipun. Ini akan sangat membantu mereka nantinya.

2. Berikan Stimulasi Sesuai dengan Usianya


Tips parenting berikutnya untuk merangsang kecerdasan anak sejak dini adalah dengan memberikan stimulasi. Namun Anda tidak boleh sembarangan dalam memberikannya, berikanlah stimulasi yang memang tepat sesuai dengan usia mereka. Contoh terbaiknya seperti memberikan mainan yang memang sesuai dengan umur mereka. 

Jangan salah sangka dulu, mainan ternyata mampu merangsang kecerdasan anak sejak dini. Tentunya hal tersebut dapat tercapai apabila Anda tepat dalam memilih mainan yang cocok. Sebenarnya mainan yang mampu mendukung kemampuan si kecil untuk terus belajar sudah tersedia banyak sekarang di pasaran. Anda hanya perlu jeli dalam memilihnya.

3. Penuhi Kebutuhan Kasih Sayang Mereka


Selama ini banyak sekali orang tua yang salah kaprah beranggapan bahwa kecerdasan selalu berasal dari faktor luar. Padahal kecerdasan anak selalu diawali dari faktor dalam dulu terutama faktor orang tua mereka. Salah satu faktor yang tidak boleh dilewatkan oleh orang tua adalah memberikan dan memenuhi kebutuhan kasing sayang pada anak-anak mereka.

Soalnya penelitian sudah membuktikan bahwa mereka yang tergolong cerdas sekarang ini adalah mereka mendapatkan kasih sayang yang cukup dari kedua orang tua. Dengan kasih sayang yang terpenuhi maka kecerdasan emosional hingga kecerdasan otak akan mampu terbentuk. Kombinasi inilah yang nantinya menentukan kecerdasan mereka di masa depan. 

Jadi bagi Anda yang ingin memiliki anak yang cerdas maka harus mengasahnya sedini mungkin. Tidak terkecuali dengan menggunakan tips parenting yang sudah dijelaskan di atas. Meski begitu, Anda tetap harus mengingat bahwa segala sesuatunya tetap membutuhkan proses. Jadi penting sekali bagi Anda untuk memaksakan anak untuk segera cerdas dalam waktu pendek. 

0 komentar:

Posting Komentar