Minggu, 27 Mei 2018

Dirjen APTIKA sebut perlu terobosan percepat e-government


Dirjen APTIKA Kemkominfo, Semuel A. Pangerapan mengatakan diperlukan terobosan dalam tata kelola pemerintah terutama dalam hal e-government. Menurutnya, perlu penyesuaian kebijakan dan penganggaran yang dinamis dan cepat, serta kemauan untuk saling terhubung antara satu layanan dengan layanan yang lain.

Jadi informasi semakin hari akan semakin bertambah. Hubungan komunikasi pemerintah dengan masyarakat dan stakeholders akan bertambah harmonis sehingga akan tercipta good governance," jelasnya.

Dikutip dari laman resmi Kemkominfo, e-government perlu didukung dengan pelatihan sumber daya manusia, dukungan infrastruktur yang baik serta strategi pemasaran. Strategi pemasaran yang dilakukannya pun, tak cukup hanya melalui tampilan website yang menarik.

Tapi dibutuhkan juga suatu forum diskusi online, penyuluhan dan pelatihan ke masyarakat perdesaan yang notabene belum mengetahui adanya internet dan belum mengenal e-government. Dengan demikian masyarakat akan terbiasa menggunakan teknologi infomasi yang bisa jadi mendatangkan keuntungan, terangnya.

Aplikasi dan sistem informasi juga menjadi kunci guna mendukung dan memperkuat sistem pemerintahan. Oleh karena itu, menurut Dirjen Semuel, kementerian dan lembaga pemerintah memanfaatkan teknologi e-government dalam mendukung fungsi pemerintah.

"Terutama dalam melakukan pelayanan publik yang memenuhi kriteria better, cheaper dan faster," katanya.

0 komentar:

Posting Komentar